Friday, April 7, 2017

Tips dan Trik Berhitung dengan Angka Penting

Aturan Angka Penting
  1. Semua angka bukan nol adalah angka penting 
  2. Angka nol yang terletak di antara dua angka bukan nol adalah angka penting. 
  3. Untuk bilangan desimal yang lebih kecil dari 1, angka nol di kiri dan di kanan koma desimal bukan angka penting. 
  4. Angka nol pada deretan akhir sebuah bilangan yang  lebih besar atau sama dengan 10 termasuk angka penting, kecuali jika angka sebelum nol diberi garis bawah. Dalam hal ini, angka penting berakhir pada angka yang diberi garis bawah dan angka selanjutnya bukan angka penting.

Berhitung dengan Angka Penting
  1. Hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan-bilangan penting hanya boleh memiliki satu angka taksiran. 
  2. Hasil perkalian atau pembagian hanya boleh memiliki banyak angka penting sebanyak bilangan yang banyak angka pentingnya paling sedikit.
  3. Hasil perkalian atau pembagian antara bilangan penting dan bilangan eksak atau sebaliknya, memiliki angka penting sebanyak bilangan pentingnya. 
  4. Hasil memangkatkan suatu bilangan penting hanya boleh memiliki angka penting sebanyak bilangan penting yang dipangkatkan. 
  5. Hasil penarikan akar suatu bilangan penting hanya boleh memiliki angka penting sebanyak bilangan penting yang ditarik akarnya.


Note:
v  Bilangan penting adalah bilangan yang diperoleh dari hasil pengukuran, yang terdiri dari angka-angka penting yang sudah pasti dan satu angka terakhir yang ditaksir.
v  Bilangan eksak adalah bilangan yang pasti (tidak ada angka yang ditaksir) yang diperoleh dari kegiatan membilang.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Belajar Menerima Teori Flat-Earth sebagai Kebenaran Baru

Belum lama ini saya mendapatkan kiriman dari seorang teman dunia maya mengenai flat-earth. Ah, untuk yang satu itu kok sulit bagi saya untuk...